Sabtu, 28 April 2012

Persamaan garis SEJAJAR DAN TEGAK LURUS


Cara cepat mencari persamaan garis yang sejajar melalui titik tertentu




Langsung contoh soal yaa.. (biar tambah ngerti)
Persamaan garis yang sejajar dengan garis 2x + 3y + 6 = 0 dan melalui titik (-2, 5) adalah?
Kalo kalian makin angkanya bener, akan seperti ini :
ó 2x + 3y = 2.(-2) + 3.5
ó 2x + 3y = -4  +  15
ó 2x + 3y = 11 atau ó 2x + 3y – 11 = 0
Nahh.. gampang kan temen-temen !!




 Kalo untuk persamaan garis yang tegak lurus, juga ada cara cepatnya :


Pasti masih bingung yaa?? Hhmmp.. gimana kalo kita langsung ke soalnya :
Titik A(-2, -3) tegak lurus terhadap garis dengan persamaan  -2x + 3y = 9 adalah?
Caranya :
ó 3x – (-2)y = 3.(-2) - (-2).(-3)
ó 3x + 2y = - 6 + 2.(-3)
ó 3x + 2y = -6 + (-6)
ó 3x + 2y = -12 atau ó 3x + 2y + 12 = 0
Tuhh kan gampang !!  Gimana temen-temen jadi lebih mudah buat ngerjain soal persamaan garis kan?
Selamat mencoba ya !!

16 komentar:

  1. mudah caranya. bisa dijadikan inspirasi untuk presentasi saya besok

    BalasHapus
  2. 3x - (-2)y = 2.(-2) - 3.(-3)
    3x + 2y = -4 - (-9)
    3x + 2y = 13 atau 3x + 2y - 13 = 0

    BalasHapus
  3. Klo hasilnya -3x - 3x - 12 = 0 sama aja kan?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Mba kayaknya rumua untuk tegak lurusnya keliru..
    Bukan Yx-Xy = Xa-Yb
    Tapi Yx-Xy = Ya -Xb
    Makasih :)

    Yx-Xy = Ya -X

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip. ane juga ngrasa ada yg janggal.

      Hapus
  7. Sangat membantu saya. Terimakasih.

    BalasHapus